Memanfaatkan Toolbox CorelDraw
Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba menguraikan beberapa toolbox yang ada di dalam CorelDraw. Yaitu, seperangkat tool yang terletak disebelah kiri aplikasi CorelDraw. Perlu diketahui, bahwa salah satu fungsi toolbox adalah untuk mempermudah seseorang dalam membuat obyek desain sesuai dengan seleranya.Perlu diketahui, ketika kita menemukan tanda segitiga di suatu tool, misalnya, ini menunjukkan bahwa di dalam tool tersebut terdapat beberapa perangkat lain jika kita meng-kliknya, yang tentunya memiliki fungsi yang berbeda. Untuk mengetahui lebih jelas fungsi tool tersebut, saya akan coba uraikan secara singkat dan berurutan fungsi tool tersebut di bawah ini:
a. Pick Tool
pick tool (V), digunakan untuk memilih, mengubah ukuran, memiringkan, atau memutar obyek.
b. Shape Edit Tool
shape tool (F10), merubah bentuk obyek secara halus
knife tool (C), memotong obyek
eraser tool (X), menghapus bagian obyek
smudge brush, membuat efek distorsi pada obyek garis
roughen, mengubah bagian outline pada garis vector dari obyek
free transform, memutar obyek dengan bebas
firtual segment delete, memotong porsi obyek yang berpotongan dengan obyek lain
c. Zoom Tool
zoom tool (Z), memperbear tampilan obyek
hand tool (H), memindah tampilan obyek
d. Curve Tool
freehand tool, membuat garis bebas
bezier tool (P), membuat garis lurus dengan dua node atau lebih
artstic media tool (B), membuat garis dengan gaya artistic
pen tool, menggambar kurve dengan satu segment
polyline tool, menggambar garis dan kurve
3 point curve, membuat kurve engan tiga point, dengan cara drag point 1 lepas pada point 2 kemudian klik pada point 3 untuk mengakhiri pembuatan kurve
interactive connector tool, menggabungkan dua buah obyek dengan garis
dimension tool, membuat garis yang dilengkapi dengan nilai dan satuan pengukuran
e. Smart Drawing Tool
smart drawing tool (S), mengkonversi freehand dengan goresan tangan menjadi bentuk dasar dan dirubah halus.
f. Rectangle Tool
rectangle tool (M), membuat obyek kotak
3 point rectangle, membuat obyek kotak dengan 3 ponit
g. Ellipse Tool
ellipse tool (L), membuat obyek lingkaran atau ellips
3 point ellipse, membuat obyek lingkaran atau ellips dengan 3 point
h. Object Tool
polygon tool (Y), membuat obyek banyak sudut (polygon)
spiral tool (A), membuat obyek spiral
graph paper tool (D), membuat obyek dengan gabungan beberapa kotak, seperti obyek table
i. Shapes Tool
basic shapes, membentuk obyek dasar yang sudah ada
arrow shapes, membuat obyek bentuk anak panah
flowchart shapes, membuat obyek flowchart atau diagram
star shapes, membuat obyek bintang
callaut shapes, membuat obyek sebagai keterangan pada obyek lain
j. Text Tool
text tool (T), membuat obyek berupa text atau pharagraf
k. Interactive Tool
interactive blend tool (W), menggandakan obyek hingga mendekati bentuk obyek terakhir
interactive contour tool, menggandakan obyek dengan ukuran berbeda
interactive distortion tool, mengubah obyek menjadi bentuk distorsi
interactive drop shandow, memberi efek bayangan pada obyek
interactive envelope tool, merubah obyek sesuai keinginan
interactive extrude tool, membuat obyek menjadi tiga demensi
interactive transparancy, mebuat obyek dengan fill transparan terhadap obyek dibelakangnya
l. Eyedropper Tool
eyedropper tool, mengetahui prosentasi warna pada suatu obyek
paintbucket tool, menyalin warna fill setelah menggunakan eyedropper tool
m. Outline Tool
outline pen dialog (F12), menentukan format outline
outline color dialog (shift + f12), menetukan warna outline
no outline, menghilangkan warna outline pada obyek
hairline outline, membuat outline tipis pada obyek secara otomatis
1/2 point outline, membuat ketebalan outline point secara otomatis
1 point outline, membuat ketebalan outline 1 point secara otomatis
2 point outline, membuat ketebalan outline 2 point secara otomatis
8 point outline, membuat ketebalan outline 8 point secara otomatis
16 point outline, membuat ketebalan outline 12 point secara otomatis
24 point outline, membuat ketebalan outline 24 point secara otomatis
color docker window, mengatur dan menentukan warna
n. Fill Tool
fill color dailog (shift + F11), menampilkan dialog uniform fill
fountain fill dialog (F11), menampilkan dialog fountain fill
pattern fill dialog, menampilkan dialog pattern fil
texture fill dialog, menampilkan dialog texture fill
postscript fill dialog, menampilakn dialog post script fill
no fill, menghilangkan fill pada obyek
color docker window, mengatur dan menentukan warna
o. Interactive Fill Tool
interactive fill tool, mengatur warna fill secara interactive
the interative mesh tool, menerapkan warna dengan mesh grid pada obyek
Demikian uraian singkat ini saya tulis, semoga bermanfaat.
0 komentar: